Beranda Berita Pemkot Isnaini Madani : SDM Pariwisata adalah kunci kemajuan Pariwisata

Isnaini Madani : SDM Pariwisata adalah kunci kemajuan Pariwisata

 

PALEMBANG – Pariwisata merupakan salah satu sektor prioritas yang memiliki peran penting dalam kegiatan perekonomian suatu daerah, bahkan sektor pariwisata dapat melebihi sektor lain ataupun industri lainnya. Karena itu, banyak daerah disuatu negara berlomba-lomba untuk mengembangkan potensi-potensi pariwisata yang dimilikinya sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan dari suatu daerah, tak terkecuali bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Dalam mengembangkan pariwisatanya, Pemkot Palembang terus melakukan upaya agar tujuan pariwisata dapat tercapai untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), untuk itulah peran Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata dinilai sangat penting bagi kemajuan moda pariwisata yang ada di Kota Palembang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengungkapkan Dalam melakukan transformasi di era Industri 4.0, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pariwisata akan terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata yang berkelanjutan. Pasalnya SDM yang mumpuni merupakan kunci sukses pembangunan Pariwisata.

- BACA JUGA  Tommy Aria Dwianto : Sertijab Bukan Hanya Sekedar Pergantian Jabatan Saja

“Untuk memajukan sektor pariwisata, SDM yang mumpuni merupakan kunci untuk meningkatkan pariwisata suatu daerah, tak terkecuali bagi Kota Palembang, yang notabene saat ini dari segi SDM nya dinilai belum siap, namun akan terus kita tingkatkan,” jelasnya saat dihubungi via selular. Selasa, (10/9)

Menurutnya, kesiapan SDM Pariwisata mengacu pada Penta Helig pariwisata yakni Akademis (sekolah yang ada jurusan pariwisata), para pelaku pariwisata (UKM, Etitutnya dan Pengetahuan dibidang pariwisata), masyarakat (komunitas pariwisata), Pemerintah dan Media.

“di dalam Penta Helig baik akademis, para pelaku pariwisata, masyarakat termasuk komunitas pariwisatanya, Pemerintah dan media harus meningkatkan mutu untuk memajukan pariwisatanya, kelima itu harus menyatukan visinya jika ingin maju pariwisatanya,” ulasnya

- BACA JUGA  Dewan : P3N Harus Difungsikan Kembali

Diakuinya, jika Penta Helig pariwisata, semua ini dapat berjalan dengan baik dan saling berkordinasi. Dirinya sangat yakin pariwisata yang ada di Kota Palembang akan dengan sangat mudah untuk dimajukan. “Kalau semua ini berjalan dengan baik dan saling berkordinasi, mudah untuk maju. Karena PR besar dibidang pariwisata ialah SDM nya.” tutupnya (yud)