Beranda Sumsel Muratara Rumdin Guru di Muratara Kondisinya Memprihatinkan

Rumdin Guru di Muratara Kondisinya Memprihatinkan

Muratara– Rumah dinas (Rumdin) yang diperuntukkan bagi guru di Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Pasalnya, tak sedikit bangunan Rumdin yang rusak parah dan tak layak huni.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Muratara, Firdaus, melalui Sekretaris AD Oktarianda, mengakui banyak Rumdin untuk guru yang rusak, karena bangunan itu banyak yang tidak digunakan lagi. “Ya bangunannya banyak yang tidak digunakan, sehingga banyak yang rusak,” ungkap Oktarianda, Sabtu (08/10).

Menurutnya, ketersediaan Rumdin guru yang representatif diyakini dapat menunjang aktivitas guru dalam meningkatkan kinerjanya.

Namun, untuk saat ini Rumdin bagi guru tersebut belum menjadi prioritas, karena yang diutamakan sekarang adalah sarana dan prasarana Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM). ”Yang menjadi skala prioritas kita saat ini adalah bangunan gedung sekolah maupun sarana dan prasarananya. Percuma kalau rumdin guru bagus, sementara di sekolah tidak ada kursi dan meja. Apalagi sekolah yang ada di Muratara cukup banyak, dan itu butuh perhatian semua,” ucapnya berargumen.

Setidaknya, ada 123 SD, 24 SMP, dan 8 SMA yang membutuhkan perhatian, belum lagi sekolah keagamaan dan swasta. Ke depan, Rumdin guru akan dipikirkan dan di perbaiki, sebab itu merupakan aset. ”Ya sayang jika tidak diperbaiki, karena itu merupakan aset kita, namun tidak untuk saat ini, karena dilihat dengan skala prioritas, sementara Rumdin guru belum begitu mendesak untuk saat ini,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Fatan, seorang guru honorer di Muratara mengharapkan ada upaya pemerintah untuk melakukan perbaikan terhadap kondisi Rumdin guru di sana.

Menurut dia, perbaikan itu perlu, demi kenyamanan guru yang tinggal dan bermukim di perumahan tersebut. “Saya harap adanya upaya perbaikan dari pemerintah, terkait banyaknya kerusakan yang terjadi di Rumdin. Dengan adanya perbaikan, tentu Rumdin itu dapat dimanfaatkan oleh guru-guru baru yang belum memiliki rumah,” tutupnya. (Fatima)