Beranda Berita Pemkot Pasokan turun, Harga Cabai Dan Tomat Melambung

Pasokan turun, Harga Cabai Dan Tomat Melambung

 

PALEMBANG – Terkait musim kemarau yang berimbas terhadap petani hingga gagal panen, membuat pasokan cabai dan tomat menjadi menurun yang otomatis membuat harganya kian melambung.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani saat ditemui di Rumah Dinas Walikota Palembang Jalan Tasik, Senin, (9/9)

“Turunnya pasokan dua komoditas yakni cabai dan tomat yang di akibatkan musim kemarau hingga 40% membuat harga cabai dan tomat menjadi naik,” katanya

Ia mengaku, saat ini Kota Palembang hanya menerima pasokan sekitar 60 persen sehingga tidak mencukupi kebutuhan masyarakat.

- BACA JUGA  Diego Michiels Siap Keliling Sumsel

“Untuk sayur-sayuran tidak begitu mengalami penurunan pasokan jadi masih bisa diantisipasi pedagang. Tidak seperti cabai dan tomat, yang lain harganya masih normal,” jelasnya.

Saat ini pihaknya lanjut Hardayani, hanya bisa mengimbau kepada pedagang jangan sampai menjual cabai dan tomat dengan harga terlalu tinggi. Ia memaklumi adanya kenaikan harga karena memang pasokan menurun, tetapi jangan menjual terlalu tinggi.

“Harga di Distributor untuk cabai pada kisaran Rp 60 ribu – Rp 70 ribu per kilogram, tetapi sesampai di pasar menjadi Rp 100 ribu per kilogram,” ungkapnya.

- BACA JUGA  Situs BKN Lelet, Peserta CPNS Kecewa

Menurutnya hal ini terjadi, karena cabai dan tomat tidak terlalu banyak sedangkan permintaan tetap dan cenderung naik maka berlaku hukum ekonomi, supply and demand. Barang sedikit, permintaan banyak maka harga akan naik. (yud)