Beranda Ekobis Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Triwulan Ketiga Tertinggi Di Indonesia

Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Triwulan Ketiga Tertinggi Di Indonesia

SOLO,¬† —¬† ¬†Perekonomian di Sumatera Selatan (Sumsel) mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Hasil data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada triwulan III tahun 2018, pertumbuhan ekonomi Sumsel mencapai 6,14 persen atau di atas perekonomian nasional yang hanya 5.17 persen.

Analis Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan Bank Indonesia Perwakilan Sumsel, Rendha Prasetya Kuswono mengatakan, pertumbuhan perekonomian di Sumsel pada triwulan III tahun 2018 merupakan tertinggi di Indonesia sejak empat tahun terakhir.

Dijelaskannya, pertumbuhan ekonomi disebabkan pembangunan infrastruktur yang pesat serta even internasional yang digelar di Kota Palembang. Selain itu, adanya perbaikan kinerja ekspor dan batubara juga berimbas pada kenaikan perekonomian di Sumatera Selatan.

- BACA JUGA  e-Katalog, Sistem Pengadaan Barang dan Jasa yang Efisien

“Pembangunan Light Rail Trainsit (LRT) dan even Asian Games 2018 membuat ekonomi Sumsel menjadi tumbuh,” ucap Rendha saat diwawancarai di sela kegiatan Capacity Building Wartawan Ekonomi dan Bisnis Sumsel di Hotel Alila Solo, Kamis (8/11).

Rendha juga mengatakan, pangsa pertumbuhan ekonomi terlihat dari konsumsi rumah tangga hingga 60 persen terutama sektor makanan dan minuman sebesar 14,5 persen, kemudian pemerintah dan ekspor.

Hanya saja, sambungnya, sektor makanan dan minuman memiliki bobot yang kecil sehingga pertumbuhan ekonomi tetap didongkrak sektor pertambahan sebesar 19,9 persen, industri pengolahan 19,63 persen dan sektor pertanian 15,15 persen.

- BACA JUGA  Penunggak Pajak Disanksi Tegas

“Ada juga beberapa sektor penyumbang inflasi, diantaranya beras, daging ayam ras, cabai merah, bawang merah dan lainnya,” tukasnya.(Dee)