Beranda Ekobis Pasca Asian Games, Tiga Potensi Ini Bisa Tingkatkan Ekonomi Sumsel…

Pasca Asian Games, Tiga Potensi Ini Bisa Tingkatkan Ekonomi Sumsel…

SOLO,   —   Pasca pelaksanaan Asian Games yang digelar bulan Agustus lalu, Bank Indonesia menilai ada tiga sektor perekonomian yang memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Ketiga komoditas tersebut yakni sektor pariwisata, kopi dan perikanan darat. ” Tiga sektor inilah yang memiliki potensi untuk kita kembangkan” ungkap Analis Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Rendha Prasetya Kuswono, saat paparan pada kegiatan Capacity Building Wartawan Ekonomi dan Bisnis Sumsel di Hotel Alila Solo, Kamis (8/11).

- BACA JUGA  Musim Haji, Toko Cinderamata Haji Tambah Persediaan Barang

Dikatakannya, berdasarkan kajian yang sudah dilakukan pihaknya, untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di Sumsel. “Sektor perikanan darat dinilai paling berpotensi meningkatkan pertumbuhan perekonomian Sumsel. Hal ini dikarenakan semakin bertumbuhnya pelaku usaha ini, kemudian ditunjang dengan tingginya konsumsi ikan oleh masyarakat,” ucap Rendha.

Selain perikanan darat, sambung Rendha, sektor pariwisata juga dinilai dapat menunjang perekomomian Sumsel. “Untuk sektor pariwisata, Sumsel memiliki banyak spot yang mampu menarik minat wisatawan domestik dan asing, belum lagi industri rumah tangga yang memproduksi pernak-pernik sebagai souvenir,” ungkapnya.

- BACA JUGA  BPSK layani pengaduan konsumen

Selain dua sektor diatas, sambungnya, komoditas kopi pun dinilai berpotensi meningkatkan perekonomian Sumsel. Hal ini dapat dilihat tren warung kopi yang semakin banyak. “Konsumsi kopi sekarang cenderung meningkat, termasuk sumbangan dari generasi milenial yang menjadikan kopi sebagai gaya hidup,” tukasnya.(Dee)