Beranda Sumsel Muara Enim Angka Kriminal Dan Penguna Narkotika Di Muara Enim Cukup Tinggi

Angka Kriminal Dan Penguna Narkotika Di Muara Enim Cukup Tinggi

MUARA ENIM — Jumlah angka penyalahgunaan narkotika dan kriminal di kabupaten Muara Enim cukup tinggi, hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya Barang Bukti penyalahgunaan narkotika dan kriminal lainya yang di musnahkan oleh Kejaksaan Negeri Muara Enim (Kejari), Selasa (08/10/2019) di halaman Kejari Muara Enim.
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Muara Enim Mernawati menerangkan bahwa angka penyalahgunaan narkotika dan kriminal lainnya dikabupaten Muara Enim termasuk tinggi atau termasuk kedalam zona merah.
“Khusus penyalahguna narkotika tidak hanya terpaku kepada pengguna saja yang melakukan kejahatan melainkan mereka yang terlibat sebagai yang menjual atau perantara dalam jual beli narkotika, hal ini terjadi dikarenakan lemahnya kontrol dan tidak pedulinva masyarakat terhadap bahaya Narkotika itu sendiri yang mana termasuk kejahatan extraordinary crime,” terang Mernawati.

Pemusnahan ini, lanjut Merna merupakan bagian dari eksekusi barang bukti, selain eksekusi terhadap benda dan pelaku kejahatan.

- BACA JUGA  Bawa Senpira Saparman Dicokok Polisi

“Barang bukti yang akan dimusnahkan berasal dari Perkara yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Muara Enim sesuai dengan Pasal 270 KUHAP bahwa pemusnahan barang bukti telah mempunya: kekuatan hukum tetap (lncraht) dilakukan oleh Jaksa selaku eksekutor. Dan barang bukti yang akan dimusnahkan ini berasal dari perkara periode akhir tahun 2018 s/d 05 September 2019 yang didominasl perkara Narkotika dan sajam dan Senpi,” ungkapnya.

Masih kata Mirna, Jumlah Barang bukti yang berhasil diamankan total keseluruhan jika dinilai dengan rupiah senilai Rp. 1.562.500.000, (satu milyar lima ratus enam puluh dua juta Iima ratus ribu rupiah), maka itu dengan pemusnahan barang bukti khusus Narkotika ini setidak – tidaknya pihaknya telah menyelamatkan 10 juta jiwa manusia.

“Pemusnahan barang bukti ini sebagai bentuk pemberantasan narkotika maupun tindak pidana kriminal lainnya yang meresakan masyarakat serta menghindari penyalag gunaan menghilangkan barang bukti oleh oknum yang tidak bertanggung jawab di kabupaten Muara Enim, maka itu kita adakan pemusnahan ini secara terbuka,” pungkasnya.

- BACA JUGA  Shinta Paramitha Minta dukungan Masyarakat Muara Enim

Sekedar informasi adapun rincian pemusnahan barang bukti yang dilakukan oleh Kejari Muara Enim berupa :

1. Narkotika Ganja sebanyak 620.95 (enam ratus dua puluh koma sembilan Iima) Gram senilai : Rp. 1.500.000, (satu juta lima ratus ribu Ruplah)

2. Narkotika Shabu shabu jumlah 1.009.69 (seribu koma sepuluh) Gram senilai Rp. 1.500.000.000 (satu milyar llma ratus juta ribu rupiah)

3. Narkotika Ekstasl dengan jumlah 70 (tujuh puluh lima) Butir senilai Rp. 21.000.000, (dua puluh satu juta rupiah)

4. Senjata tajam dan senjata apl sebanyak 60 unit disertai barang bukti tindak pidana lainnya senilai Rp. 20.000.000, (dua puluh juta rupiah) yang tidak memiliki izin dari instansi yang berwenang.

5. Handphone sehanyax 40 buah serta alat judi senilai Rp. 10.000.000,(sepuluh juta rupiah). (Andi/Nda)