Beranda Palembang Ratusan Saksi Dari PBB Ikuti Pelatihan Saksi Pemilu

Ratusan Saksi Dari PBB Ikuti Pelatihan Saksi Pemilu

 

PALEMBANG,  —  Berdasarkan aturan yang termuat dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu pasal 351 ayat 8 yang mana menyebutkan jika saksi dari partai politik dilatih oleh Bawaslu. Atas dasar itulah, Panwaslu Kecamatan Sako melakukan pelatihan saksi dari Partai Bulan Bintang (PBB)

Dalam acara yang digelar Senin (8/4) di gedung Aula Kecamatan Sako ini diikuti tak kurang dari 900 orang peserta ini terbagi dalam 6 sesi dan waktu pelaksanaan nya selama 3 hari dalam satu sesi sebanyak 150 saksi yang mengikuti pelatihan dan dilakukan 2 sesi dalam satu hari.

- BACA JUGA  Semua Kandidat Ketum Peradi Siap Kalah dan Menang

Ketua Panwaslu kecamatan sako Hendri dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk menyatukan persepsi pada saat dilapangan nanti antara PTPS, Saksi dan KPPS agar nantinya pada pelaksaanaan pemilu 2019 yang bakal digelar pada 17 April sesuai peraturan KPU dan PERBAWASLU.

“Dengan pelatihan ini diharapkan nantinya pada saat di Tempat pemungutan Suara (TPS) tidak terjadi perselisihan maupun beda pendapat karena saksi sudah benar-benar memahami apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam pelaksanaan penghitungan suara saksi” jelas Hendri.

Hal senada juga diungkapkan Yodi, Anggota Panwaslu Kecamatan Sako yang berharap saksi sudah mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan oleh saksi parpo seperti. Saksi dilarang menggunakan atribut parpol,harus membawa surat mandat,saksi memastikan logistik masih dalam keadaan tersegel saksi memastikan penghitungan surat suara dimulai dari Presiden DPR RI DPD RI DPRD PROV dan DPRD KAB/ KOTA.

- BACA JUGA  Tingginya angka korupsi di sektor migas

“Apabila nantinya saksi menemukan pelangaran maka saksi dapat melaporkan nya kepada pengawas TPS, sehingga pada saat pelaksanaan nanti dilapangan dapat berjalan sesuai harapan Pemilu yang Aman dan Damai, Pungkasnya.(Ndi)