Beranda Pendidikan UIN Terima 4 Ribu Mahasiswa Baru Melalui 5 Jalur

UIN Terima 4 Ribu Mahasiswa Baru Melalui 5 Jalur

WR 1 UIN RF, Ismail Sukardi (kiri) dan Kepala Biro AAKK UIN RF, Mirwan Fasta (tengah), Kepala PUSTIPD UIN RF, Fahruddin (kanan) saat konferensi pers.

 

PALEMBANG,    —   Tahun ini Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menerima sebanyak 4000 mahasiswa baru. Dengan melalui lima jalur masuk perguruan tinggi, yaitu SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan terakhir USM.

Wakil Rektor (WR) 1 UIN Raden Fatah Palembang, Ismail Sukardi mengatakan, 4 tahun terakhir UIN sudah ikut Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui 5 jalur, terdiri dari dua kategori pertama non tes (SNMPTN dan SPAN-PKTIN) dan tes (SBMPTN, UM-PTKIN, dan USM). Sedang USM sendiri merupakan prodak lokal dari UIN.

“Ada 9 fakultas dan 36 program studi (Prodi) yang disediakan UIN untuk 4000 mahasiswa tersebut,” katanya disela sosialisasi PMB UIN RF Palembang tahun 2019 dengan tema menyiapkan sarjana unggul, sukses, dan berkarakter islami, Kamis (07/02).

Adapun 9 fakultas yang dimaksud, yakni 6 fakultas keagamaan meliputi Fakultas Syariah dan Hukum/FSH, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan/FITK, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam/FUSPI, Fakultas Adab dan Humaniora/FAHUM, Fakultas Dakwah dan Komunikasi/FDK, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam/FEBI.

- BACA JUGA  Methodist 1 Wakili Sumsel di Ajang Kejuaraan PMR Tingkat Nasional

Sedangkan 3 fakultas non keagamaan atau umum meliputi Fakultas Sains dn Teknologi/FST, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/FISIP, dan Fakultas Psikologi/FPSI.

“Untuk jalur Ujian Mandiri (UM) UIN Raden Fatah menerima calon mahasiswa baik peminat prodi-prodi keagamaan maupun umum. Kuota mahasiswa yang akan diterima di jalur UM maksimal 30% sesuai aturan Kemenristekdikti,” jelasnya kepada sumatera deadline.

Pihaknya mengimbau bagi para calon mahasiswa peminat prodi-prodi umum dapat mendaftar melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, sedangkan peminat prodi-prodi keagamaan dapat mendaftar melalui jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN.

“Prodi-prodi yang menerima mahasiswa baru adalah: AS, JS, PMH, dan Muamalah (FSH), PAI, PGMI, PBA, MPI, PBio, PFis, PKim, PMtk, PBI, PIAUD (FITK), SAA, AF, IH, IQT, dan ITP (FUSPI), PI, BSA, SPI, IP (FAHUM), KPI, BPI, Jurnalistik, MD, PMI (FDK), ES, PS, MZW (FEBI), Biologi, Kimia, SI (FST), Ilkom, IPol (FISIP), dan PSikologi Islam (FPsi),” bebernya.

- BACA JUGA  Tak Lulus Tahun Lalu, 61 Guru Madrasah Sumsel Ikuti UTN PPG

Kepala Biro AAKK UIN Raden Fatah Palembang, Mirwan Fasta menambahkan, untuk tahun ajaran baru ini pihaknya sudah menambah fasilitas belajar berupa gedung baru 8 lantai untuk FISIP.

“Nanti ada juga lab komputer terpadu yang dibiayai SBSN. Lalu kita bangun juga student recident 4 lantai dengan 86 kamar dan daya tampung 300 orang,” terangnya.

Dikatakannya, bahwa tidak ada perbedaan peningkatan jumlah PMB dibanding sebelumnya karena mengingat daya tampung dari sarana dan prasarana.

“Insya Allah 2020 yang akan datang kita buka lebih banyak lagi. Tapi bukan berarti dengan hanya sedikit kuota tidak menggerus semangat siswa dalam berkompetisi masuk UIN,” tutupnya. (Elsa)