Beranda Ekobis 2018, Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Diatas Rata-rata Nasional

2018, Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Diatas Rata-rata Nasional

 

PALEMBANG,   —   Pertumbuhan ekonomi provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tercatat sebesar 6,04 persen pada 2018 atau di atas rata-rata nasional yang sebesar 5,17 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih, mengatakan, pertumbuhan utamanya didorong oleh usaha penyediaan akomodasi dan makan minum yang tumbuh 13,15 persen.

“Dari sisi produksi, semua lapangan usaha tumbuh, namun yang tertinggi berasal dari sektor penyediaan akomodasi dan makan minum,” ucapnya, Jumat (8/2).

Endang menjelaskan, tingginya pertumbuhan lapangan usaha tersebut menunjukkan masyarakat Sumsel lebih sering berekreasi. Faktor lainnya, pada tahun lalu juga berlangsung pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games, yang dinilai turut mensokong pertumbuhan sektor usaha tersebut.

- BACA JUGA  Markplus Inc Jadikan 5S Sebagai Acuan Pelaku Servis 

“Lapangan usaha lainnya yang tumbuh tinggi, yakni jasa perusahaan sebesar 9,51 persen serta pertambangan dan penggalian sebesar 9,27 persen,” tambahnya.

Menurutnya, selama tiga tahun terakhir pertumbuhan ekonomi Sumsel terus menunjukkan peningkatan yang signifikan di mana pada 2016 sebesar 5,04 persen dan meningkat jadi 5,51 perse  pada 2017. “Dilihat dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi tahun 2018  terjadi pada semua komponen,” terangnya.

Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi LNPRT (PK-LNPRT) sebesar 8,57 persen, diikuti Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah (PK-P) sebesar 6,64 persen dan Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PK-RT) sebesar 4,41 persen.(Dee)