Beranda kodam II/ Sriwijaya kodim Palembang 80 Tim Drumband Rebut Piala Bergilir Dandim

80 Tim Drumband Rebut Piala Bergilir Dandim

peserta lomba drumband dan marching band saat tampil lomba di Lapangan Kamboja.

 

PALEMBANG.  —   Sebanyak 80 tim Drumband dan Marching Band mulai dari tingkat TK hingga SMA, MA, dan SMK memperebutkan piala Bergilir Komandan Kodim (Dandim) 0418/Palembang, dalam kejuaraan Drumband dan Marching Band Palembang Open 2018, di Lapangan Kamboja, Kamis (8/2).

Kejuaraan Drumband dan Marching Band diselenggarakan oleh Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Palembang binaan Kodim 0418/Palembang.

Dewan Pembina PDBI Kota Palembang yang juga Dandim 0418/Palembang, Letkol Inf Romas Herlandes menjelaskan, kejuaraan Drumband dan Marching Band ini bertujuan untuk meningkatkan intelejensi, untuk perkembangan fisik, perkembangan aspek motorik kasar dan motorik halus, perkembangan aspek sosial, emosi atau kepribadian, kognisi, mengembangkan keterampilan olahraga dan menari, mengasah ketajaman pengindraan, dan sebagai media terapi.

“Sebetulnya peserta yang ikut dalam kejuaraan ini sangat banyak, namun karena waktu perlombaan hanya 3 hari, pesertanya kami batasi. Ada 80 tim yang mengikuti kejuaraan ini,” terang Dandim usai pembukaan kejuaraan.

Dijelaskannya, dalam bermain drumband dan marching band ini juga memiliki gerakan ketangkasan atau kekuatan. Hal ini dapat dilihat dalam Pom-Pom Girl, Baton Twilers, Colourguard dan ketangkasan drum mayor dalam gerakan membawa, melempar menangkap stik, mengambil, memainkan alat tersebut, membuat koreografi sesuatu instruksi.

“Ada dua lomba yang kita gelar yakni Unjuk Gelar dan Perkusi Kontes ( Military stlye and contest percussion). Juara umum dalam lomba ini akan memperebutkan piala bergilir Dandim 0418/Palembang dan piala Ketua Umum PDBI Kota Palembang Fitrianti Agustinda,” jelasnya lagi kepada sumatera deadline.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto mengaku, sangat mensupport kegiatan yang digagas oleh PDBI Kota Palembang. Menurut dia, kejuaraan ini bisa membentuk karakter anak sejak duduk di bangku sekolah.

“Kami sudah membantu peralatan drumband dan marching band di sekolah. Oleh sebab itulah, kami meminta kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan, kami akan anggarkan untuk kejuaraan ini,” tutupnya. (Elsa)