Beranda Rilis Pemprov Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Meningkat di Atas Nasional

Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Meningkat di Atas Nasional

PALEMBANG,  —   Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru menghadiri secara langsung Rapat Tahunan Bank Indonesia 2019 di Hotel Novotel Palembang, Rabu (4/12) malam.

Rapat yang sudah menjadi agenda tahunan ini dihadiri juga Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafizi Tohir, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel Yunita Resmi Sari, para Bupati dan Walikota dan  FKPD.

Menurut Gubernur H. Herman Deru dalam sambutannya, pertumbuhan ekonomi dunia saat ini sedang turun dratis, 2018 dengan angka 3,6%, 2019 dengan angka 3,0% dan pada tahun 2020 pada angka 3.1%. Sedangkan untuk pertumbuhan perekonomian Sumsel saat ini meningkat di atas Nasional.

Pertumbuhan perekonomian Sumsel saat ini mencapai 5,6% di atas pertumbuhan perekonomian nasional yang hanya 5,02%. Proyeksi pertumbuhan ekonomi Sumsel pada tahun 2019 diperkirakan tumbuh tinggi dan akan meningkat di tahun 2020.

“Berkat kerjasama, koordinasi dan kolaborasi kita, TPID itu membuahkan hasil. Sumsel saat ini pertumbuhannya telah divatas Nasional dan Sumsel hanya bersaing pertumbuhan perekonomian dengan Sulawesi dan Kaltim,” ujar Deru.

Dia menyebut inflasi di Sumsel tetap terkendali pada level rendah dan stabil. Inflasi Sumsel pada November 2019 turan 2,5% dan akan tetap terkendali sesuai sasaran hingga 3,0% pada tahun 2020 dan inflasi Sumsel saat ini di bawah inflasi nasional.

“Saya sangat senang sekali melihat turunnya angka inflasi Sumsel di bawah nasional,” ujar Deru.

Sementara ituKepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel Yunita Resmi Sari menyebut, elektonifikasi keuangan Pemerintah Daerah di Sumatera Selatan kini telah mencapai 100%.

Untuk menghadapi langkah ke depan, Sumsel perlu melaksanakan 3 faktor kunci. Pertama Penguatan Sinergi yaitu , kedua penguatan transformasi, dan ketiga penguatan inovasi.

“Mari kita menyatukan gerak langkah kedepan untuk membangun perekonomian Sumsel semakin maju ke depan,” ujar Yunita. (ril humas)