Beranda Palembang Pembuang Sampah Sembarangan Akan Dibuat Malu

Pembuang Sampah Sembarangan Akan Dibuat Malu

PALEMBANG,   —  Pemerintah Kota Palembang akan membuat malu pelaku pembuang sampah sembarangan. Foto warga yang membuang sampah sembarangan akan dipajang di media cetak, televisi, maupun online. Selain dibuat malu, pelaku juga akan dikenakan sanksi denda atau kurungan.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda saat kunjungan kerja ke Kelurahan 24 Ilir, Rabu (7/11), sangat menyayangkan masih kurangnya kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan. Pada kunker tersebut dirinya masih dengan mudah menemukan tumpukan sampag yang tidak dibuang pada tempatnya.

“Mengapa hari ini kita berkumpul persis di sebelah tempat pembuangan sampah sementara ini, agar kita sama-sama tahu kondisi nyata yang ada. Sekitar dua bulan lalu kita menggelar gotong-royong dan membersihkan parit di tempat ini. Tapi sekarang kita sama-sama lihat bagaimana kondisinya hari ini yang penuh sampah,” ujar Fitri.

- BACA JUGA  Tuduhan Tim Sarimuda - Rozak Tak Mendasar

Dirinya mengatakan, akan sangat sulit menjaga kebersihan lingkungan bila tidak diikuti kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Oleh karena itu Fitri mengingatkan ketua RT dan RW untuk aktif membangun kesadaran masyarakat.

“Kita akan memberi reward kepada masyarakat yang berhasil memfoto warga pembuang sampah sembarangan. Foto pelaku pembuang sampah sembarangan akan kita pajang di media dalam beberapa waktu untuk memberikan efek malu bagi pelaku,” ujarnya.

Pada kunker tersebut, Fitrianti Agustinda banyak mendapat aspirasi berkaitan dengan harapan masyarakat terhadap program kerja pemerintah. Kunjungan kerja ke kelurahan ini sendiri merupakan wujud janji Walikota dan Wakil Walikota Palembang untuk senantiasa berada di masyarakat, menyerap aspirasi dan informasi.

- BACA JUGA  Pemprov akan berusaha menstabilkan harga batubara

Pada kesempatan kunker kali ini, Fitri meninjau pelayanan di Puskesmas Pembantu 24 Ilir. Wakil Walikota Palembang juga melihat kondisi Kantor Lurah 24 Ilir dan aktivitas pelayanan di tempat itu..

“Saya lihat kondisi kantor Lurah 24 Ilir membutuhkan perbaikan. Tahun depan kantor ini dan kantor lurah lainnya sudah dianggarkan untuk perbaikan,” ujarnya.

Pada kunjungan kerja kali ini, Fitrianti Agustinda juga meninjau kondisi Sungai Sekanak. Dirinya berkesempatan untuk memberikan penghargaan serta ucapan terima kasih kepada para ‘pahlawan’ kebersihan, yang dengan gigih membersihkan Sungai Sekanak dari sampah.

“Warga yang membuang sampah sembarangan harusnya malu dengan Pak Abdul Aziz dan kawan-kawan yang dengan tiada henti menjaga Sungai Sekanak ini agar tetap bersih,” ujarnya. (Ril/Eza