Beranda POLDA Polresta Palembang Anak Lulus Akpol, Tukang Servis Kipas Angin Menangis Haru

Anak Lulus Akpol, Tukang Servis Kipas Angin Menangis Haru

PALEMBANG — Seorang tukang servis kipas angin bernama Sukroni (41) tak dapat menahan tangisnya saat mengetahui anaknya yang bernama Jihan Andrean (19), dinyatakan lulus sebagai Perwira pada Akademi Polisi (Akpol) angkatan tahun 2018.

Sambil memegang tisu, Sukroni terus menerus meneteskan air matanya dihadapan Kapolresta Palembang, Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono SIK SH MH. Ia tak pernah menduga jika anaknya bisa lulus dalam seleksi Akpol 2018 itu.

Dengan ditemani istrinya Tati Rahmawati (41), Sukroni yang menghadiri acara tatap muka dengan orang tua Jihan di ruang kepala sekolah SMA 2 Palembang, menceritakan jika putranya itu lulus tes polisi tanpa biaya sepeser pun.

- BACA JUGA  Kapolresta Palembang Rayakan HPN Dengan Tumpeng

“Allhamdullillah, kami sangat bersyukur karena dia (Jihan) lulus menjadi polisi Perwira. Penghasilan saya hanya Rp 30 ribu seharinya. Itupun kadang-kandang pak,” ungkapnya, Selasa (7/8) siang.

Sukroni mengatakan, anaknya itu sempat mengikuti tes polri tahun 2017. “Tahun kemarin tidak lulus karena sakit. Namun setelah itu kami obati. Dia terus berlatih agar dapat lulus. Jihan memang anak yang pintar dan rajin beribadah.

Bahkan sebelum ikut mendaftar calon anggota polisi sempat melaksanakan sholat tahajud. Anaknya tidak banyak ulah, rajin belajar dan sholat. “Sejak sekolah dasar (SD) memang selalu ranking. Dia tamatan SMAN 2 Palembang,” tutur Sukroni.

- BACA JUGA  Dua Pelaku Pembobol Rumah Kosong Dihadiahi Timah Panas

Sementara Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono SIK SH MH, mengatakan pertemuan itu dalam rangka tatap muka dengan orangtua Jihan. “Seleksi Akpol ini tidak ada sama sekali biaya yang dikeluarkan. Ini merupakan dampak positif dari pola rekrutmen Polri,” ujarnya.

Wahyu mengatakan, Jihan merupakan contoh bagi pemuda-pemuda lainnya untuk mengikuti rekrutmen Polri. “Persiapkan diri dengan baik, mengikuti seluruh tahapan tes. Insya Allah bakal lulus, tidak ada biaya yang dikeluarkan,” pungkasnya. (Cdr)