Beranda Peristiwa Demonstrasi Terkait Pengumuman Panwaslu, LSM P2M Gelar Aksi Demo

Terkait Pengumuman Panwaslu, LSM P2M Gelar Aksi Demo

 

PALEMBANG  —  Terkait telah diumumkanya hasil uji kelayakan dan kepatuhan Calon Anggota Panwas Kota Palembang, Lembaga Swadaya Masyarakat Pemberdayaan Perjuangan Masyarakat (LSM P2M) anti KKN Sumsel menggelar aksi demo.

Dalam aksinya,  LSM tersebut melaporkan Rida Rubiani yang merupakan salah satu anggota Panwaslu Palembang lulus seleksi diduga merupakan salah satu pengurus partai.

Hal ini disampaikan Ketua LSM P2M Sumsel Andi Agustar bersama rombongan saat mendatangi Bawaslu Provinsi Sumsel di Jalan Komplek OPI Jakabaring. Senin, (7/8)

“Hari ini kita menyampaikan tanggapan atau masukkan masyarakat kepada Bawaslu terhadap Rida Rubiani Salah satu Calon Anggota Panwas Kota Palembang yang telah lulus uji kelayakan dan kepatuhan diduga merupakan salah satu pengurus partai,” beber Andi

Dikatakannya, setelah melakukan penilaiaan terhadap hasil uji kelayakan dan kepatuhan calon anggota panitia pengawas pemilihan kota palembang yang meluluskan nama Rida Rubiani,SH dengan nomor peserta 113-PLG-II-2017 dengan penetapan Bawaslu ber Nomor : 004/BAWASLU-PROV.SS/TU.00/VIII/2017, ternyata Rida Rubiani,SH terindikasi tercatat sebagai wakil Bendahara bidang pengelolaan aset dalam lampiran surat keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem.

- BACA JUGA  Motor Dipinjam Tak Kembali Farizal Melapor Kepolisi

“Usai melihat surat penetapan Bawaslu Sumsel yang meluluskan nama Rida Rubiani dan ternyata saudari Rida Rubiani terindikasi tercatat sebagai Wakil Bendahara bidang pengelolaan aset DPW Partai Nasdem,” jelasnya

Ditambahkannya, Berdasarkan temuan itulah LSM P2M melaporkan kebawaslu Provinsi dengan membawa bukti Lampiran surat keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem No: 161-SK/DPP-NasDem/IV/2016 tentang pengesahan perubahan susunan dewan pimpinan wilayah partai Nasdem Provinsi Sumsel.

“Dengan dasar temuan ini kami laporkan ke Bawaslu Sumsel dengan membawa bukti SK DPP Partai Nasdem tentang pengesahan perubahan susunan DPW Partai Nasdem Provinsi Sumsel,” urainya

Dilanjutkannya, Dalam rangka melaksanakan amanat undang-undang nomor 15 tahun 2011 tentang penyelenggara Pemilihan Umum dan peran Bawaslu No 10 tahun 2012 yang telah di ubah beberapa kali terakhir dengan Perbawaslu No 1 tahun 2016 tentang Pembentukan, Pemberhentian dan Pergantian waktu Badan Pengawasan Pemilu.

- BACA JUGA  Sumsel adalah salah satu penghasil karet terbesar di Indonesia

“Dengan Fakta-fakta yang ditemukan tersebut diatas kami dari Masyarakat mengharapkan kepada Bawaslu Provinsi Sumsel dan pihak-pihak terkait unruk menyatakan batal demi hukum atas Keputusan Nomor : 004/BAWASLU-PROV.SS/TU.00/VIII/2017,” ujarnya

Dari Informasi yang dihimpun, Berkas yang diantarkan oleh LSM P2M ke Bawaslu Provinsi Sumsel di terima langsung oleh pihak Sekretariat salah satu Staf bernama Bayumi.

Salah satu Staf Bawaslu Provinsi Sumsel, Bayumi menjelaskan berkas tersebut telah kami terima dan ditindak lanjuti.

“Sudah kita terima berkas aduan dari LSM P2M dan untuk pendalaman apa yang dilaporkan, akan kita panggil pihak bersangkutan.” Singkatnya (Yud)