Beranda Nasional Aceh Puluhan Rumah Porak Poranda Diterjang Puting Beliung

Puluhan Rumah Porak Poranda Diterjang Puting Beliung

 

BANDA ACEH   —  Bencana alam angin puting beliung disertai hujan deras menerjang Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen, Rabu (6/12). Akibatnya, puluhan rumah warga di tiga gampong (desa) yakni Tanoh Anoe, Jangka Aluebi dan Tanjongan porak-poranda.

Musibah terjadi berawal sekitar pukul 16.30 WIB,  dimana angin Puting beliung yang berwarna hitam pekat bertiup dengan kencang dari arah Selatan. Angin berhembus dengan dahsyat lebih kurang 5 (lima) menit dan  menghantam serta merobohkan rumah milik warga dan tempat usaha.

Selain itu, angin juga merusak fasilitas umum lainnya berupa tiang listrik milik PLN rubuh yang mengakibatkan listrik padam total.

- BACA JUGA  Jembatan Miring, Pengguna Jalan Harus Antri

Informasi yang diperoleh Sumateradeadline dari penanggungjawab lapangan BPBD Bireuen, Muhammad Nasir, menyebutkan bahwa banyak bangunan rumah, toko, dan dapur pengolahan garam warga yang rusak akibat angin puting beliung yang terjadi di Jangka Kabupaten Bireuen.

Lebih lanjut, Nasir, menyampaikan hasil pendataan di lapangan untuk sementara waktu dapat sampaikan untuk gampong Tanoh Anoe, 9 rumah rusak ringan, 8 toko rusak berat, dan 13 unit pengolahan garam rusak berat. Untuk Gampong Jangka Aluebi,  13 unit dapur garam rusak berat dan 1 unit rumah milik Jamaluddin Yusuf rusak Ringan. Sedangkan untuk gampong Tanjongan 1 unit rumah Rusak ringan dan 15 unit dapur Garam rusak Berat /ringan.

- BACA JUGA  Pengrajin Batu Bata Bireuen Butuh Bantuan Pemerintah

“ BPBD bersama Anggota  tim Pusdalops PB,  Kapolsek Jangka,  Danramil, Tagana , RAPI, dan Masyarakat saling membantu untuk melaksanakan pembersihan dan pendataan rumah , toko dan Dapur garam tradisional yang rusak akibat angin puting beliung”, tutup Nasir di akhir pembicaraannya dengan wartawan Sumateradeadline. (doel)