Beranda Rilis Pemprov Kunker ke Prabumulih-Muara Enim – Pali, Febrita Deru dan Fauziah Mawardi Serap...

Kunker ke Prabumulih-Muara Enim – Pali, Febrita Deru dan Fauziah Mawardi Serap Aspirasi PKK di Daerah

PRABUMULIH ,  —   Usai melakukan kunjungan kerja ke lima kabupaten/kota meliputi: Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, dan Musi Rawas Utara (Muratara) Ketua TP PKK Sumsel Febrita Deru didampingi Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya) selanjutnya kunker kembali mereka lakukan ke kabupaten/kota Prabumulih, kemudian Muara Enim, dan Pali.

Pada senin (05/11) pagi, rombongan ini tiba di pendopoan kota Prabumulih, dan disambut hangat oleh Ketua TP PKK Prabumulih Suryani Ngesti Rahayu beserta seluruh pengurus PKK Prabumulih.

Pada kunjungan kerja kali ini, Febrita dan Fauziah menyampaikan tujuan kedatangan mereka untuk mengetahui secara langsung apa saja kebutuhan yang diperlukan PKK Prabumulih dalam melaksanakan program kerja PKK.

Bahkan pada kesempatan itu, Febrita menyatakan PKK Prabumulih patut menjadi percontohan kabupaten dan kota yang lain di Sumsel karena sudah berhasil meraih berbagai prestasi di tingkat nasional.

Febrita menambahkan PKK kabupaten/kota lainnya di Sumsel bisa melakukan studi banding jika ingin mengikuti jejak PKK Prabumulih yang berhasil menjuarai berbagai lomba hingga ke tingkat nasional.

Terhadap prestasi yang berhasil ditorehkan TP PKK Prabumulih, selain ikut bangga, Febrita Deru meminta agar TP PKK Prabumulih dapat menciptakan produk unggulan lokal baik produk makanan ataupun produk tekstil sebagai produk unggulan Prabumulih. Selama ini Prabumulih identik dengan buah nanas, maka dapat diciptakan produk makanan olahan berbahan dasar nanas, dengan kualitas dan kemasan yang baik. Pun juga dengan kain songket motif nanas.

Sementara, Ketua TP PKK Prabumulih Suryani Ngesti Rahayu mengatakan kedatangan tim PKK Sumsel memang sangat diharapkan guna memberikan arahan, dan pembinaan bagi tim PKK Prabumulih. “Kami sangat senang dengan kedatangan tim PKK Sumsel, selain untuk bersilaturahim juga memang diharapkan untuk memberikan arahan, dan pembinaan dalam melaksanakan program kerja PKK”,ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Suryani Ngesti Rahayu pun memaparkan keberhasilan dan prestasi yang dicapai PKK Prabumulih. “Selama tiga tahun berturut-turut PKK Prabumulih berhasil menjadi juara dan mengharumkan nama Sumsel di tingkat nasional. PKK Prabumulih menjadi juara pada lomba

HATI nya (Halaman Asri Tertib dan Indah) PKK, juara satu lomba pemanfaatan tanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga)”,jelasnya.

Di sepaniang tahun 2018 pun, prestasi yang diraih PKK Prabumulih tetap gemilang, mulai dari juara pada lomba tertib administrasi PKK, juara lomba pola asuh anak dan remaja, juara UP2K (Usaha Peningkatan Kesejahteraan Keluarga), dan juara IVA test (Inspeksi Visual Asam Asetat) atau pemeriksaan leher rahim dengan inovasi pemberian suvenir dan penempelan stiker IVA test pada ibu rumah tangga yang telah mengikuti tes tersebut.

- BACA JUGA  Pemprov Sumsel Harapkan Industri Hijau

Dengan berbagai prestasi yang diraih PKK Prabumulih, Suryani Ngesti Rahayu pun berharap PKK provinsi dapat memberikan perhatian dan bantuannya bagi PKK Prabumulih, seperti pengadaan jaringan wifi, juga bantuan pemberian suvenir.

Usai berdialog bersama tim PKK Prabumulih, Ketua TP PKK Sumsel Febrita Deru menyempatkan diri meninjau stand pameran yang menampilkan berbagai produk makanan dan kerajinan karya para ibu PKK Prabumulih.

Selanjutnya, pada senin siang daerah ke-tujuh, yang disinggahi tim PKK Sumsel pada rangkaian kunjungan kerja ini adalah kabupaten Muara Enim

Seperti pada kunjungan sebelumnya, kedatangan tim PKK Sumsel mendapat sambutan yang luar biasa dari tim PKK Muara Enim yang diketuai oleh Sumarni Ahmad Yani.

Di kabupaten Muara Enim, silaturahim antara PKK Sumsel dan PKK Muara Enim berlangsung di pendopoan kabupaten.

Di sini, dengan tak bosan-bosannya, Ketua TP PKK Sumsel menyampaikan tentang pentingnya bagi PKK kabupaten/kota

Ketua TP PKK Sumsel menyampaikan tentang pentingnya bagi PKK kabupaten/kota untuk dapat menciptakan produk unggulan yang menjadi penanda dan ciri khas Muara Enim

“Saya minta agar PKK Muara Enim, bisa menciptakan produk unggulan lokal. Muara Enim. Misalkan Muara Enim dikenal sebagai penghasil jamur, maka dapat diciptakan produk olahan makanan berbahan dasar jamur dengan berbagai diversifikasi produk”, paparnya.

Selain itu, wanita yang tampak awet muda ini, meski telah memasuki usia kepala lima, berpesan kepada PKK Muara Enim, agar berhasil menang lomba PKK, setidaknya pada kategori lomba administrasi PKK, mengingat Ketua TP PKK Muara Enim Sumarni Ahmad Yani telah cukup lama berkeciimpung dalam dunia PKK, yang sebelumnya pernah aktif sehagai Sekretaris PKK Sumsel dan kini menjadi Ketua TP PKK Muara Enim.

Menanggapi hal itu, Sumarni Ahmad Yani bertekad pada tahun depan PKK Muara Enim dapat meraih juara pada lomba-lomba yang diselenggarakan PKK provinsi.

- BACA JUGA  Stisipol Candradimuka Siap Promosikan Asian Games

“Kami selama ini belum pernah berhasil menembus nominasi lomba yang diselenggarakan PKK provinsi. Untuk itu, tahun depan kami bertekad untuk meraih juara”, ujarnya.

Sementara, terkait produk unggulan lokal, Sumarni Ahmad Yani menjelaskan di desa Karangraja Muara Enim telah dikembangkan dan inovasi berbagai produk makanan berbahan dasar jamur , seperti pempek jamur, rendang jamur, keripik jamur, juga brownies jamur.

Tak hanya terbatas pada pengolahan produk makanan saja, PKK Muara Enim berupaya untuk berperan aktif menyelaraskan program kerja PKK dengan program kerja pemkab Muara Enim, seperti pada bidang pengembangan destinasi wisata di daerah Semendo-Muara Enim, yang menyimpan potensi wisata tak kalah bagusnya dengan kota Bandung.

Kabupaten selanjutnya yang dikunjungi pada Selasa pagi (06/11) oleh tim PKK Sumsel adalah kabupaten Pali (Penukal Abab Lematang Ilir). Kunjungan kerja tim PKK Sumsel ke Pali kali ini  dipimpin langsung oleh Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya.

Dalam kunjungan kerja sekaligus silaturahmi ini, Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya mengatakan. “Kunjungan kerja ini dilakukan untuk menyerap aspirasi dan mengetahui secara langsung kebutuhan PKK bagi kabupaten/kota. Sebagai daerah pemekaran, tentu dibutuhkan usaha dan semangat yang luar biasa dalam membangun kemajuan daerah dan PKK”, jelasnya.

Sementara, atas kunjungan kerja dan silaturahmi yang dilaksanakan oleh PKK Sumsel ke kabupaten Pali, Ketua TP PKK Pali Sri Kustinah mengaku sangat senang , karena dengan demikian PKK Pali mendapatkan bimbingan dan pembinaan.

“Kami sangat senang dengan kunjungan kerja yang dilaksanakan oleh PKK Sumsel, sebab kami bisa memperoleh bimbingan, arahan , dan pembinaan”, ungkapnya.

Sri Kustinah menambahkan tim PKK Pali turut berperan aktif dalam membangun kemajuan daerah untuk mengejar ketertinggalan sehagai daerah pemekaran agar setara dan sejajar dengan kabupaten/kota lainnya di Sumsel

Hal senada juga diungkapkan Pembina PKK Pali yang juga Bupati Pali Heri Amalindo. Mantan Kepala Dinas PU Bina Marga itu mengatakan pihaknya merasa senang dan terhormat atas kunjungan tim PKK Sumsel. Kunjungan kerja ini tentunya dapat memberikan semangat dan motivasi bagi Tim PKK Pali dan pemkab Pali dalam mengejar ketertinggalan.(RILL)