Beranda Pendidikan SMAN 3 Palembang Sabet Juara 3 Sekolah Sehat Nasional

SMAN 3 Palembang Sabet Juara 3 Sekolah Sehat Nasional

Kepala SMAN 3 Palembang, Purwiastuti Kusumastiwi saat mendapatkan juara 3 dalam sekolah sehat nasional.

 

PALEMBANG,   —   Keberhasilan salah satu di Palembang dalam mewujudkan Sekolah Sehat kini telah tercapai. Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Palembang berhasil meraih juara 3 dalam Sekolah Sehat Tingkat Nasional dengan kategori kinerja terbaik atau best performance.

Penilaian sekolah sehat ini sendiri langsung dilakukan empat kementerian seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala SMA Negeri 3 Palembang, Purwiastuti Kusumastiwi mengatakan, keberhasilan SMA Negeri 3 karena mewujudkan trias di lingkungan sekolah seperti pendidikan, kesehatan dan layanan. Salah satu hal yang menjadi prioritas yakni kantin sehat dan Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

“Alhamdulillah kita berhasil menjadi peringkat ke tiga dalam penilaian Sekolah Sehat Nasional,” ungkapnya, Selasa (06/11).

- BACA JUGA  LPKA Turunkan 2 Tim Untuk Ikuti Lomba Futsal

Ia menjelaskan, keberhasilan meraih anugerah sekolah sehat karena difokuskan pada pelayanan UKS dan penerapan kantin sehat. Seperti UKS, siswa yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) dilibatkan untuk siaga setiap ada kegiatan yang dilaksanakan di sekolah. Tujuannya agar siswa tersebut bisa langsung tanggap jika terjadi hal yang tidak diinginkan dari peserta kegiatan.

“Selain itu, peralatan yang kami siapkan cukup lengkap. Sehingga untuk pertolongan pertama bisa dapat dilakukan dengan cepat,” terang Pungki sapaan akrabnya sehari-hari.

Tak hanya itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan kota Palembang dalam penerapan kantin sehat. Pengawasan sendiri langsung dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palembang.

- BACA JUGA  Anak-anak Pun Peduli Kaum Rohingya

“Makanan kita sudah diuji BPOM dan hasilnya layak untuk dimakan. Hampir setiap minggu, makanan yang disajikan kantin tersebut diawasi agar tidak mengandung zat pewarna maupun penyedap rasa” jelasnya kepada sumatera deadline.

Selain itu, siswa di sekolah itu pun memiliki kreativitas dengan membuat jus dengan nama smoothis. Jus ini dibuat dengan mengedepankan kesehatan yakni terbuat dari pisang, lemon dan pakcoy atau semacam sawi sendok.

“Upaya dalam menciptakan lingkungan sehat tidak hanya kami lakukan pada saat momen penilaian saja, namun pola seperti ini tetap akan kami lakukan agar sekolah kami tetap sehat untuk siswa,” tutupnya. (Elsa)