Beranda Pendidikan MAN 1 Palembang Sabet Juara 1 Tingkat Nasional

MAN 1 Palembang Sabet Juara 1 Tingkat Nasional

Dua siswa Mansapa saat mendapatkan juara 1 nasional dalam ajang Robotik Madrasah Nasional.

 

PALEMBANG,  —  Siswa MAN 1 Palembang (Mansapa) berhasil menyabet predikat juara 1 tingkat nasional dalam ajang kompetisi Robotik Madrasah Nasional di Town Square (Detos) Depok pada tanggal 3-4 November kemarin.

Keberhasilan siswa Mansapa tersebut setelah mengikuti kategori Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana Alam dan The best Presentation

“Ada dua siswa yang kita kirimkan pada ajang tersebut, yakni Syifa Kayla Amanda Refflesia dan Muhammad Fajar Setiawan,” ujar Pembina Robotik Mansapa, Evi Novilia, Selasa (6/11).

Selama persiapan dalam satu minggu, mereka merakit terlebih dulu robot tersebut di Madrasah lalu dibawa ke Depok.

Dijelaskan Evi, cara kerja robot tersebut adalah melindungi bayi dari bencana alam. Jadi ada tiga sensor pendeteksi. Sensor getaran, sensor suhu, dan sensor panas.

- BACA JUGA  SMAN Sumsel Buka PPDB Secara Online

“Jika sewaktu-waktu bencana alam muncul tanpa diduga, maka secara otomatis salah satu pendeteksi melalui tutup crandle bayi di robot tersebut akan menutup dan langsung jalan mencari zona aman,” jelasnya.

Setidaknya meminimalisir kecelakaan yang mungkin ditimbulkan. Sehingga bayi akan lebih aman dan bisa selamat dari bencana.

Ia menambahkan, lomba ini merupakan ajang kompetisi robotika dan otomasi tingkat Madrasah se-Indonesia yang diikuti 200 peserta. Mulai dari menemukan ide, merakit atau merancang, mengoperasikan hingga menemukan teknologi baru di bidang robotika dan otomasi.

“Bahkan sampai pada cara mempresentasikan atau menyakinkan kepada orang lain bahwa robot yang dirancang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia,” beber Evi.

Senada dengan hal itu, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Kemenag, Ahmad Umar mengatakan, kompetisi robot ini bukan sekedar game, tetapi melatih kreatifitas dan integritas.

- BACA JUGA  UIN Buka Lima Jalur Untuk Penerimaan Maba

Tujuannya agar siswa Madrasah dapat mengambil bagin aktif dalam teknologi tepat guna. Sebab robot-robot yang dirangkai adalah jenis yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

“Kompetisi robotik Madrasah diharapkan memberikan pengaruh signifikan bagi terwujudnya semangat belajar siswa Madrasah khususnya di bidang teknologi robotika dan otomasi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Mansapa, Rusmala Dewi menuturkan, dirinya sangat apresiasi sekali dan bangga kepada siswa yang telah mengharumkan nama sekolah, baik menggikuti lomba tingkat nasional maupun tingkat lainnya.

“Alhamdulillah, siswa kita menang di tingkat nasional dalam pembuatan robotik. Kita berharap keberhasilan siswa tersebut, sebagai motivasi bagi siswa yang lain. Tutupnya. (Elsa)