Beranda Ekobis BNI Targetkan Penyaluran KUR di Sumsel Mencapai Rp1,25 Triliun

BNI Targetkan Penyaluran KUR di Sumsel Mencapai Rp1,25 Triliun

 

PALEMBANG,   —   Di tahun 2019 ini, Bank Negara Indonesia (BNI) menargetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Sumsel sebesar Rp1,25 Triliun.

Pemimpin BNI Wilayah Palembang, Dodi Widjajanto, mengatakan, angka tersebut naik sekitar 15 persen dibanding tahun lalu yang hanya sebesar Rp995 Miliar.

“Tahun ini porsi penyaluran KUR memang naik, dan kita fokusnya ke segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), karena peluangnya masih sangat bagus,” ucap Dodi, Rabu (6/2).

Meski begitu, sambung Dodi, puhaknya juga akan tetap menggaet debitur dari sektor kredit konsumsi dengan harapan semakin besar porsi penyaluran tahun ini akan lebih banyak pelaku usaha yang terbantu.

- BACA JUGA  Antisipasi Opik, Grab Luncurkan Program Terbaru

“Untuk porsi terbesar penyaluran kredit dari wilayah kerja BNI Palembang sekitar 40 persennya atau Rp 410 Miliar dialokasikan untuk masyarakat di wilayah Sumsel,” jelasnya.

Untuk 60 persen lainnya, Dodi menyebutkan sekitar Rp625 Miliar terbagi untuk wilayah kerja Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung.

“Sumsel memang mendapatkan penyaluran lebih besar mengingat provinsi ini cukup potensial sektor perekonomiannya dibandingkan daerah lain,” terangnya.

Tak hanya sektor pertanian, penyaluran kredit bank BUMN ini juga menyasar berrbagai macam aspek industri seperti perdagangan dan produksi.

“Tahun ini memang BNI sedang fokus menggarap KUR Tani untuk lahan rawa pasang surut di Desa Telang Rejo, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin. Ini merupakan program nasional,” jelas Dodi.

- BACA JUGA  Pemutihan PKB di Palembang Pekan Pertama, 33 Miliar

Dengan bunga cicilan sebesar tujuh persen, masyarakat dapat mengajukan kredit KUR mikro sebesar Rp25 juta tanpa jaminan dan KUR kecil dengan plafon kredit hingga Rp500 juta.

“Untuk rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) BNI di tahun lalu hanya menyentuh angka 0,4 persen sehingga ditahun ini penyaluran KUR bisa lebih baik lagi,” tutupnya.(Dee)