Beranda Ruang Sidang Korupsi Diduga Korupsi, Dua Kades di 4 Lawang Disidang

Diduga Korupsi, Dua Kades di 4 Lawang Disidang

PALEMBANG  —  Diduga telah melakukan tindak pidana korupsi (Tipikor), dua orang Kepala Desa (Kades) Dari Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang disidang di Pengadilan Tipikor Pengadilan Negeri Palembang Senin (5/3).

Kedua Kades yang diduduk dikursi pesakitan ini yakni terdakwa I Mulyadi selaku Kades Kota Gading dan terdakwa II Suparjo, Kades Batu Pance kecamatan Tinggi. Keduanya didakwa dengan pasal berlapis.

Dalam dakwaannya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Muhammad Ihsan menjerat keduanya dengan pasal 2 dan 3 UU NO 31/1999 diubah UU No 20/ 2001 Tentang tindak pidana Korupsi jo pasal 55 (1) ke 1 KUHP.

Berdasarkan pasal yang di dakwakan tersebut Kedua terdakwa ini terancam pidana penjara paling lama 20 tahun karena diduga melakukan pidana korupsi Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Bagi Hasil (DBH) tahun anggaran 2017 yang tertuang dalam SK.Bupati Empat Lawang Nomor: 140/021/KEP/BPMD/ 2015.

- BACA JUGA  Miliki Narkoba dalam Jumlah Banyak, Alex Dan Imam Dijerat Pasal Berlapis

Dalam dakwaannya JPU terungkap jika kasus ini berawal dari surat keputusan Camat kecamatan Tebing Tinggi, Suan Amir yang mengumpulkan para Kades pada bulan Juni 2017 dikantor kecamatan tersebut untuk membicarakan mekanisme pencairan dana ADD.

Dalam pertemuan tersebut, Camat Tebing Tinggi memerintahkan kedua terdakwa untuk memungut uang sebesar  Rp 14,5 juta dari para Kades untuk kemudian uang ini diserahkan kepada instansi terkait. Sehingga akibat perbuatan kedua tersebut negara di rugikan sebesar Rp190 juta.

Atas dakwaan ini, Ketua Majelis Hakim Saiman SH memberikan kesempatan kepada kedua terdakwa untuk mengajukan eksepsi. “kami berikan kesepatan menanggapi dakwaan,” ujar Saiman kepada para terdakwa yang didampingi penasehat hukumnya.

Namun para terdakwa tidak menggunakan eksepsi tersebut sehingga ketua majelis langsung mengagendakan pemeriksaan para saksi. Karena para Terdakwa tidak mengajukan eksepsi maka pekan depan kita akan melakukan pemeriksaan para saksi”  ungkap Saiman.

- BACA JUGA  Gelapkan Anjing Doberman, Efendi Dipidana 10 Bulan Penjara

Usai persidangan salah seorang jaksa anggota, Decky Amrah dalam pekara ini ketika dikonfirmasi mengenai aktor intlektual dalam hal ini camat tebing tinggi yang terkait kasus ini belum dijadikan tersangka.

Dikatakan Decky pihaknya melihat proses perkembangan keterangan saksi saksi dan kedua terdakwa. Dan apa bila nanti ada ditemukan fakta fakta yang kuat ,”maka kemungkinan camat tersebut bisa dijadikan tersangka,”ungkapnya

Lebih lanjut Decky untuk saat ini pihak Kejari Empat Lawan belum bisa untuk menetapkan tersangka karena kedua terdakwa belum memberikan keterangan, jika dipersidangan nanti ada keterangan para saksi ,” maka kita lihat dulu keterangan para saksi persidangan nanti kalau sekarang kita belum bisa menetapkan statusnya,”terangnya.(Rah)