Beranda Pendidikan Jalur Masuk PMPA SMA Sudah Dimulai

Jalur Masuk PMPA SMA Sudah Dimulai

Suasana  kegiatan siswa SMP saat mendaftar di SMKN 2 Palembang melalui jalur PMPA

 

PALEMBANG   —   Jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada April 2018 mendatang, proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019 SMA/SMK jalur Penelusuran Minat dan Prestasi Akademik (PMPA) sudah mulai diberbagai sekolah.

Salah satu sekolah Palembang, yaitu di SMK Negeri 2 Palembang, bahwa ditahun ini SMK Negeri 2 akan mengakomodir sebanyak 76 siswa pilihan dari berbagai rekomendasi SMP yang ada di Palembang.

“Ya, hari ini sudah mulai pemberkasan dan nanti akan diumumkan bagi yang lulus di jalur PMPA,” ujar Ketua Panitia PMPA SMK Negeri 2 Palembang, Maryono disela-sela pemantauan seleksi pemberkasan, Senin (05/02).

- BACA JUGA  Tahun Depan, Kanwil Kemenang Sumsel Targetkan Banyak Sekolah Ikuti UNBK

Lanjut Maryono bahwa, sejauh mereka telah memilih berbagai jurusan yang diminati dari 7 program keahlian dan 9 paket keahlian. Selain mengikuti proses pemberkasan masih banyak rangkaian yang harus dilewati sampai dengan 17 Juli 2018 sebagai jadwal masuk.

“Jadi kenapa kita mengambil kuota 76? Hal ini karena memang sebagaimana aturan bahwa PMPA hanya 10 persen dari total penerimaan,”terang Maryono kepada sumatera deadline.

Mencermati para siswa yang melakukan pemberkasan, diakui memang banyak siswa SMP yang berprestasi baik bidang akademik maupun non akademik. Sehingga atas prestasinya mereka mendapat rekomendasi meraih kuota PMPA ditahun ini.

“Kebanyakan memang prestasi akademik, tapi tidak sedikit yang non akademik. Misalnya ada juara futsal, ada juara sepakbola Piala Menpora Sumsel, karate dan lain sebagainya,” jelasnya lagi.

- BACA JUGA  Dua Siswi SMPN 54 Lolos Ke Final OLSN

Sebagaimana jadwal, bagi calon siswa yang diterima pemberkasan pada 6 Februari 2018, maka pada 8 Februari 2018 siswa wajib melakukan daftar ulang ke SMK Negeri 2 Palembang.

Sementara itu salah satu siswa SMP Negeri 14 Palembang, Muhammad Jerry Pratama mengaku, memilih SMKN 2 Palembang lewat jalur PMPA yang direkomendasikan sekolahnya lantaran ia menyukai permesinan dan kelistrikan.

“Mau ambil jurusan permesinan atau kelistrikan. Soalnya hobbi, mudah-mudahan bisa lolos,” harapnya.

Berbekal prestasi non akademik dari juara olahraga kompetisi sepakbola di Sekayu, Jerry pun memilih SMKN 2 Palembang untuk melanjutkan sekolah usai lulus dari SMPN 14 Palembang. (Elsa)