Beranda kodam II/ Sriwijaya Besok, Kodam II/Sriwijaya Gelar Pameran Alutsista

Besok, Kodam II/Sriwijaya Gelar Pameran Alutsista

PALEMBANG – Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2018, Kodam II/Sriwijaya akan menggelar pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang dari tanggal 5-7 Oktober 2018.

Kepala Penerangan Korem 044/Gapo, Mayor Inf Aris Barunawan mengatakan, tujuan dari digelarnya pameran Alutsista ini selain sebagai wahana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat, juga diharapkan dapat memberikan edukasi dan rasa kecintaan terhadap TNI.

“Dalam pameran ini akan diikuti oleh tiga Matra TNI, yaitu Angkatan Darat, Laut dan Udara yang akan menampilkan dan memamerkan Alutsista dan komponen lainnya sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban TNI kepada masyarakat, terlebih masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel),” ucap Mayor Inf Aris Barunawan, Kamis (4/10).

- BACA JUGA  Peringati HJK 2017, Jajaran Kodam II/Swj Tabur Bunga Di TMP

Pada pameran Alutsista tersebut, Kodam II/Swj akan menampilkan seluruh persenjataan yang dimiliki, baik yang lama maupun yang terbaru. Melalui pameran Alutsista ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang perlengkapan persenjataan yang dimiliki TNI, khususnya yang ada di wilayah Kodam II/Swj.

“Pameran ini juga untuk menunjukkan kesiapan Kodam II/Swj dalam mengemban tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” jelasnya.

Dikatakan juga, dalam pameran tersebut, berbagai peralatan tempur rencananya akan digelar, baik Alutsista buatan berbagai negara sahabat maupun Alutsista karya putra-putri anak bangsa.

- BACA JUGA  Tiga Danrem Kodam II/SWJ Disertijabkan

“Jenis Alutsista yang akan dipamerkan diantaranya Ranpur jenis Tarantula, Anoa, APR 1V1, PJD dan Kapal Motor Cepat (KMC), Senjata berat Meriam 105 mm dan Meriam 57 mm beserta amunisinya, berbagai jenis Senjata Ringan jenis Pistol, Senapan SS1 V1 s.d V4, Senapan SPR 7.62 mm dan jenis senjata lainnya, alat perlengkapan Jihandak seperti Ransus Jihandak, Robot Packbot dan Bom Trailer serta Alat Optik. Selain itu juga akan dipamerkan berbagai perlengkapan militer lainnya dan pemutaran film bersejarah TNI,” tukasnya.(Dee)