Beranda Palembang Geo-Jurnalistik IKA Geologi Unsri dan PWI Sumsel Dibanjiri Peserta

Geo-Jurnalistik IKA Geologi Unsri dan PWI Sumsel Dibanjiri Peserta

PALEMBANG- Ikatan Alumni Program Studi (Prodi) Geologi Universitas Sriwijaya menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel menggelar Geo-Jurnalistik dengan judul Sekolah Geologi di ruang rapat Doktor Fakultas Teknik Unsri, Kamis (4/6).

Hadir sebagai pembicara Teguh Wage Prakoso founder @Geologinet dan Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar. Pada kesempatan itu juga dilakukan MoU antara Direktur media Extranews dan IKA Geologi terkait kerja sama publikasi karya tulisan IKA Geologi dan mahasiswa Geologi Unsri.

Ketua IKA Geologi Unsri Muhammad Addiansyah, menjelaskan peraturan akademik Program Studi Teknik Geologi Universitas Sriwijaya, setiap mahasiswa tingkat akhir harus menulis publikasi ilmiah geologi sebagai bagian dari rangkaian penelitian tugas akhir. Hal ini membuat setiap alumni baru Teknik Geologi Unsri setidaknya memiliki satu publikasi ilmiah geologi.

- BACA JUGA  Hari Ini, Gubernur Sumsel Resmi Launching Cafe Sehat

Banyak di antara publikasi ilmiah tersebut membahas topik geologi yang dapat memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat luas, seperti mengenai kebencanaan, geowisata, lingkungan, dan potensi sumberdaya geologi.Namun, diperlukan penyesuaian terhadap sejumlah diksi ilmiah pada publikasi tersebut agar masyarakat non-geologist dapat memahami informasi geologi yang ada secara komprehensif.

Tulisan geologi populer yang dipublikasikan di media massa dan media sosial menjadi salah satu solusi yang tepat untuk dapat memberikan informasi dan pengetahuan geologi dari sebuah publikasi ilmiah kepada masyarakat luas dengan optimal.

- BACA JUGA  Terkait Aturan Pengeras Suara Di Masjid, Ini Penjelasan Kemenag Sumsel

Melalui kegiatan ‘Sekolah Geologi’ dengan tema “Geo-Jurnalistik : Publikasi Geologi Populer di Media Massa dan Media Sosial”, IKA GEO Sriwijaya kiranya memanfaatkan dan bisa mempublikasikan baik di media cetak online dan media sosial. (REL)