Beranda Kriminal 16 Pelaku Spesialis Pembobol Toko Emas Diringkus

16 Pelaku Spesialis Pembobol Toko Emas Diringkus

 

PALEMBANG,  —  Jajaran Polsek Ilir Timur I Palembang berhasil membongkar sindikat pencurian spesialis toko emas yang sering beraksi dalam kota Palembang. Tak hanya itu, petugas juga berhasil mengamankan 16 orang pelaku.

“Total pelaku 16 orang. Tujuh di antaranya perempuan dan sembilan laki-laki. Jaringan berasal dari tiga daerah. Medan, jatim dan Riau,” ujar Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono dan Wakapolresta AKBP Prasetyo didampingi Kapolsek IT I Kompol Edi Rahmat saat ungkap kasus di Mapolsek IT 1 Palembang, Senin (4/2).

Dikatakan Wahyu, dalam menjalankan aksinya, mereka bekerja dalam kelompok besar yang dibagi menjadi dua kelompok. Yang mana ada berperan seolah pembeli (wanita). Dan ada yang mengalihkan perhatian penjual serta ada juga yang menutupi aksi pelaku lain yang sedang beraksi

“Saat pemilik toko lengah. Mereka beraksi dengan mendongkel kaca dengan alat berupa pisau yang telah di modifikasi. Setelah kacanya bisa di lobangi kemudian mereka menggunakan kawat yang telah disiapkan untuk mengait emas,” Jelasnya.

- BACA JUGA  Diduga Terlibat Pencopetan Pendi Diringkus

Menurut Wahyu, aksi ke 16 orang tersebut untuk diwilayah hukum kota Palembang setidaknya sudah ada 3 laporan Polisi. “Kita indikasikan aksi yang sama di daerah seperti padang, medan kemungkinan di daerah lain,” ujar Kapolres.

Dijelaskan Wahyu, terbongkarnya komplotan pencurian toko emas ini berawal dari tertangkapnya tersangka Sudarmanto usai mencuri di salah satu tokoh emas dipasar 16 kota Palembang pada jumat (1/2) lalu.

Kemudian, saat kasus itu dikembangkan, Keesokan Harinya Sabtu (2/2), didapatilah 15 tersangka lainnya di salah satu hotel yang berada di Jalan Veteran Kota Palembang.

Sementara tersangka Sudarmanto mengaku, jika mereka sengaja ke kota palembang untuk melakukan pencurian dengan pemberatan bersama istri dan kawan-kawannya.

“Ada yang istri saya, mereka yang saya ajak itu teman saya. Ada dari surabaya, ada dari medan dan juga jawa timur. Mereka tidak saya gaji tapi saya ajak saja,” singkatnya

Diketahui, 16 tersangka tersebut yakni Sudarmanto (41) warga Kampung Samben Dusun 16 Tebing Sumut, Sukirman (65) warga Gorang Tadi Kecamatan Untoro Ngali Magetan Jatim, Supriadi (30) Warga Kampung Samben Dusun 16 Tebing Sumut. Warga Rudi Winoto (25) warga Simpang Rujut KM5 Bagan Ratu Riau.

- BACA JUGA  Terlibat Pembegalan 4 Remaja Diamankan

Novita Engga (23) warga Griyo Rejo Gresik Jatim. Ningsih Wahyuni (30) warga Kampung Samben Dusun 16 Tebing Sumut. Widia Pratiwi (17) warga Jalan Pasar 6 Tembung Medan Sumut. Nur Afni (27) warga Bagan Batu Medan. Subiantoro (41) warga Kampung Samben Dusun 16 Tebing Sumut. Suharyanto (37) Warga kampung Samben Dusun 16 Tebing Sumut. Melda Sari Pakpahan (24) warga Jalan Si Kampak Kandang Motor Labuan Batu Medan, Leli Alantika Sari (26) Warga Jalan Ahmad Yani Surabaya.

Triyana Wati (41) warga Kampung Samben Dusun 16 Tebing Sumut. Edi Bungsu (39) warga Tebing Tinggi Sembambam Kecamatan Sairempah Sumut. Farhan Hafmi (39) warga Perum Pemkot Blok AJ Kelurahan Gandus Kecamatan Gandus. (Penadah emas curian dari PTC). Abdullah Zahir (55) warga Jalan Makrayu Lorong sekolah Kelurahan 32 Ilir Palembang. (Rian)