Beranda Rilis Pemprov HD Wujudkan Fasum Ramah Disabilitas Mulai dari Teras Griya Agung

HD Wujudkan Fasum Ramah Disabilitas Mulai dari Teras Griya Agung

 

#Segera Keluarkan Pergub Penyediaan Fasum Bagi Penyandang Disabilitas

Palembang – Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB telah menetapkan tanggal 3 Desember sebagai Hari Disabilitas Internasional pada 1992 silam. Pada peringatan Hari Disabilitas International dan Kampanye Hak-Hak Penyandang Disabilitas tahun ini, di Griya Agung (3/12) Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru berharap disabilitas mandiri, bahkan bisa berkontribusi untuk pembangunan bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Kepedulian HD pada penyandang disabilitas sebenarnya sudah diwujudkannya sejak beberapa hari Ia menjabat sebagai Gubernur Sumsel akhir 2018. Sejak Ia mulai menggunakan Griya Agung sebagai rumah dinas, saat itu pula fasilitas berupa tangga khusus bagi penyandang disabilitas disiapkan berdampingan dengan teras utama Griya Agung. Tujuannya tak lain memudahkan kaum disabilitas, para lansia dan jompo saat sedang berkunjung atau berkegiatan di Griya Agung yang juga sering disebutnya sebagai rumah rakyat.

- BACA JUGA  Penonton Puas Jadi Saksi Sejarah MXGP Palembang

Untuk di Sumsel sendiri jelas dia, tercatat pada tahun 2019 Penyandang Disabilitas yang sudah masuk data Sistem Informasi Manajemen Penyandang Disabilitas (SIMPD) berjumlah 4.289 Orang Penyandang Disabilitas.

Menurutnya, tidak boleh ada satu pun masyarakat tertinggal dalam proses pembangunan, hal tersebut seiring dengan upaya penguatan peran penyandang disabilitas sebagai agen perubahan melalui penghilangan hambatan dan kesempatan pemersatu untuk berpartisipasi.

“Untuk membahagiakan anak-anakku sekalian, saudara-saudara sekalian tentu dengan sentuhan yang sudah lama mereka nanti-nantikan membantu beberapa jenis tangan palsu, kaki palsu, kursi roda bahkan permodalan untuk mereka berusaha,” katanya

Herman Deru mengintruksikan semua perkantoran, instansi, maupun lembaga untuk mempunyai perhatian khusus terhadap penyandang disabilitas, terlebih penyediaan toilet-toilet umum untuk mereka.

“Maka dihari disabilitas international ini saya mengajak semua tidak usah malu-malu karena pemerintah juga sudah siap untuk membantu mereka dengan segala koorporasi yang ada. disabel itu tidak boleh dikecualikan, di penghujung tahun ini akan segera kita keluarkan Pergub untuk mewajibkan fasilitas umum bagi Penyandang disabilitas,” tuturnya

- BACA JUGA  Sumsel Berkeinginan Gelar Turnamen Sepakbola Antar OPD Secara Nasional

Sementara Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel Rosyidin Hasan dalam laporannya mengatakan, tujuan peringatan hari disabilitas international adalah kesadaran tentang isu-isu kecacatan, hak- hak fundamental para penyandang disabilitas dan integritas penyandang disabilitas di dalam setiap aspek kehidupan utama seperti aspek sosial, politik, ekonomi dan status budaya masyarakat.

Kemudian, memperluas kesempatan untuk menginisialisasi tindakan untuk mencapai tujuan kesetaraan hak asasi manusia dan kontribusi dalam masyarakat dari penyandang disabilitas.

“Pemberdayaan disabilitas untuk penyandang Inklusif, berkeadilan dan pembangunan berkelanjutan,” tambahnya.(RILL)