Beranda POLDA Polres Muara Enim Polres Muara Enim Sosialisasikan Pengawasan Dana Desa pada Anggota Babinkabtibmas

Polres Muara Enim Sosialisasikan Pengawasan Dana Desa pada Anggota Babinkabtibmas

 

MUARA ENIM   —   Kepolisiaan resort (Polres) Muara Enim menggelar sosialisasi dan pelatihan dalam pencegahan, pengawasan dan penanganan masalah Dana Desa,  Kamis, (02/11) di ballroom hotel Griya Sintesa, Muara Enim.

Dalam kegiatan yang bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri dan Inspektorat Muara Enim tersebut diikuti oleh seluruh peserta pelatihan yang berasal dari Babinkamtibmas Polres Muara Enim dengan tujuaan guna menindak lanjuti Memorandum of Understanding (MoU) yang telah disepakati antara Polri, Kementerian Desa PDTT dan Kementerian Dalam Negeri.

Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan dalam sambutannya meminta kepada para Kapolsek dan Babinkamtibmas agar dapat bersama-sama mengawasi dan meminimalisir penyelewengan dana desa.

“Dengan telah ditanda tanganinya antara MoU antara Polri, Kementeriaan Desa PDTT,  dan Kemendagri diharapkan akan dapat meminimalisir tindak pidana penyelewengan dana desa oleh para Kades. Maka dari pada itu hendaknya para Kapolsek dan Bhabinkamtibnas dapat pro aktif didalam mengawal dana tersebut,” pungkas Leo.

- BACA JUGA  Apriansyah Jabat Kapolsek Rambang Dangku

Sementara itu Yul Khaidir selaku Kasie Pidsus Kejaksaan Negeri Muara Enim yang mewakili Kajari mengungkapkan tentang preventif penyalahgunaan Dana Desa. Sebab terjadinya penyimpangan kerena terutama jabatan strategis yang mempunyai peluang untuk melakukan korupsi juga gratifikasi yang kapanpun dapat dilakukan oleh kepala desa.

“Dana desa adalah dana yg disalurkan ke desa-desa melalui Kepala Desa sebagai penanggung jawab pengguna anggaran. Uang rakyat yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan masyarakat seperti MCK namun jangan sampai tidak tepat sasarannya, hal seperti inilah yang harus dicegah,” pungkasnya dalam acara sosialisasi tersebut.

- BACA JUGA  Saat Berada Dirumah, Bandar Narkoba Dibekuk Polisi

Sedangkan Kepala Inspektorat Muara Enim, Anthoni Zulkarnain mengungkapkan pengawasan merupakan fungsi manajemen yang harus dijalankan. Karena dalam melakukan pengawasan tidak terlepas dari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, setelah itu barulah fungsi pengawasan. Pengawasan adalah untuk mengetahui dan menilai apakah tugas dan kegiatan tersebut telah berjalan dengan semestinya.

“Pada penggunaan Dana Desa yang diutamakan untuk pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang mana pelaksanaannya dilakukan dengan cara swakelola serta memanfaatkan tenaga kerja lokal dan bahan baku yang disuplai oleh masyarakat setempat,” jelasnya .(Andi)