Beranda Nasional Banten Gempa Berskala 7,4 SR Guncang Banten

Gempa Berskala 7,4 SR Guncang Banten


# Berpotensi Tsunami

JAKARTA– Gempa berkekuatan 7,4 skala richter (SR) mengguncang Banten. Gempa berlokasi pada 7.54 Lintang Selatan, 104.58 Bujur Timur atau pada 147 km Barat daya Sumur, Banten, dengan kedalaman 10 kilometer terjadi pada Jumat (2/8) sekitar pukul 19.03 WIB. Gempa ini sendiri berpotensi tsunami.

Getaran gempa yang cukup kuat ini juga dirasakan warga di sejumlah kota seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Selatan, dan sekitarnya.

Gempa dirasakan selama kurang lebih 60 detik. Di Gedung Transmedia, Jakarta Selatan, gempa membuat sejumlah orang berlari keluar gedung. Ratusan warga di sejumlah pusat perbelanjaan di kawasan DKI Jakarta berlarian ke luar gedung.

- BACA JUGA  Jalan Menuju Air Terjun Bukit Langgar di Bangun Tahun Ini

Di Mal Kota Kasablanka, sejumlah pengunjung berlarian keluar dari gedung, baik yang berada di lantai dasar hingga yang berada di lantai paling atas.

Berdasarkan pantauan dilapangan hingga beberapa menit setelah gempa berakhir, sebagian pengunjung masih menunggu di luar mal, dan belum berani untuk masuk kembali.

“Sebagian pengunjung masih menunggu di luar mal, dan belum berani untuk masuk lagi,” ujar Puput, salah satu pengunjung mal.

Sama halnya yang terjadi di Lotte Avenue, kawasan Kuningan, Jakarta. Puluhan pengunjung berhamburan ke luar pusat perbelanjaan ketika gempa terjadi. Sebagian pengunjung terlihat berjalan terburu-buru hingga berlarian karena panik.

- BACA JUGA  Penempetan Jabatan 'ABS' Harus Dibenahi

Pengunjung yang sedang makan malam di sejumlah restauran sampai meninggalkan meja dan ikut dalam kerumunan lain menuju ke luar gedung.

Hal yang sama juga terjadi di pusat perbelanjaan di kawasan Senayan dan Blok M, Jakarta Selatan.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi memiliki Magnitudo 7,4 dan berpusat di wilayah barat daya Sumur, Banten. (CNN)