Beranda Rilis Muba PMI Muba Gelar Bimtek Relawan Bencana, Diikuti 200 Relawan

PMI Muba Gelar Bimtek Relawan Bencana, Diikuti 200 Relawan

 

SEKAYU – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Relawan Bencana Palang Merah indonesia yang diikuti sebanyak 200 relawan dari setiap Kecamatan dalam Kabupaten Muba.

Upacara Pembukaan Bimtek relawan Bencana dipimpin langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Muba Beni Hernedi, di Lapangan sekolah SMK Negeri 3 Sekayu, Jum’at Sore (1/11/2019).

Dalam arahannya Beni menyampaikan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang kepalangmerahan, yang dijabarkan pula pada Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2019 menyatakan bahwa, penyelenggaraan kepalangmerahan dilakukan oleh pemerintah bersama Palang Merah Indonesia pada masa damai dan pada masa konflik bersenjata.

Dihadapan peserta Bimtek relawan bencana, Beni juga mengatakan bahwa sesuai undang-undang kepalangmerahan tugas PMI adalah untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana dalam tahapan PMI melakukan penyusunan rencana kontingensi, rencana melakukan advokasi dan sosialisasi kesiapsiagaan bencana membantu membangun masyarakat tangguh bencana dan penguatan pusat data dan informasi Palang Merah Indonesia.

- BACA JUGA  Permudah Urus Perizinan, DPMPTSP Hadirkan SAJI

“Dalam tahap saat tanggap darurat PMI melakukan kajian cepat bencana membantu pencarian penyelamatan pertolongan dan evakuasi korban, membantu pemenuhan kebutuhan dasar dan membantu melakukan perlindungan terhadap kelompok rentan dalam tahap pasca bencana PMI melakukan pembersihan lingkungan, promosi kesehatan dukungan psikososial, perbaikan sarana air bersih dan sanitasi lanjutan pelayanan kesehatan dasar darurat dan pemulihan hubungan keluarga,”ungkap Beni.

Lanjutnya, tugas PMI selain ikut berperan dalam penanggulangan bencana adalah melakukan pembinaan dan relawan PMI bersama pemerintah meliputi perekrutan lewat Pendidikan dan Pelatihan relawan dan mobilisasi relawan sesuai dengan kompetensi.

- BACA JUGA  Yusnin Jadi Penjabat Bupati Muba

“Saya atas nama Pemkab Muba mengapresiasi pengurus PMI Kabupaten Muba yang telah melakukan perekrutan relawan PMI Kabupaten Muba, berdasarkan laporan pengurus PMI Muba sebanyak 320 orang pada hari ini sebanyak 200 orang telah terpilih untuk mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan relawan dalam bentuk bimbingan teknis relawan bencana PMI Kabupaten Muba dan telah berada di hadapan kita sekalian,”bebernya.

Dalam hal penyelenggaraan kepalangmerahan, lebih jauh Beni menerangkan pada penanggulangan bencana pemerintah melakukan upaya untuk menjamin terselenggaranya pelaksanaan penanggulangan bencana secara terencana terpadu terkoordinasi dan menyeluruh dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman resiko dan dampak bencana penyelenggaraan.(Rel)